SOSIOLOGI KOMUNIKASI KELAS B

RINGKASAN MATERI

Manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dan saling ketergantungan satu sama lainya tidak terlepas ingin dan selalu berinteraksi untk membangung hubungan yang baik dari segi menjalin kerjasama, membangun  kehidupan yang baik dalam lingkungan dan mejaling hubungan pada ikatan teman atau tali persaudaran yang dapat mempererat ikatan tersebut sebagai dasar dari hubungan sosial.

Manusia sebagai makhluk sosial adalah makhluk yang berhubungan secara timbal-balik dengan manusia lain.makhluk sosial adalah sebuah konsep idiologis dimana masyarakat atau struktur sosial di pandang sebagai sebuah organisasi hidup.manusia menyadari bahwa ia tidak bisa hidup tambah batuan dari manusia lainya. Akan tetapi, masi banyak yang tidak mengetahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial karna ketidak pahamnya atas dasar kehidupnya di dunia utk saling membutuhkan atau ketergantungan setiap individu, kelompok atau organisasi.

Sosiologi komunikasi merupakan bentuk dari bagaimana seseorang individu, kelompok, organisasi dan lainnya membentuk sebuah interaksi yangmana dapat mempengaruhi orang baik dari segi sikap, perlaku. Sosial dan sebagaimanya komunikasi yang di lakukanpun sebagai bentuk dari menghibur serta mendidik. Ketika seseorang ingin berkomunikasi atau menjaling hubungan tentu mereka mengharapkan adanya interkasi yang berkelanjutan dan mempengaruh kehiduapan orang tersebut, baik itu dari segi positif maupun negatif.

Oleh sebab itu mengapa dalam hubungan sosial setiap orang selalu membutuhan orang lain dikarenakan tidak akan terjadi sebuah hubungan jika tidak terbentuknya interksi sosial atau terjalingnya komunikasi sebelumnya sehingga adanya hubungan tersebut. Bagaiman seseorang dapat menjaling hubungan dengan orang lain jika tampa dahulu membangun komunikasi dengan orang tersebut untuk membangun hubungan berkepanjangan yang lebih baik.

Objek formal dalam studi sosiologi komunikasi menekankan pada aspek aktifitas manusia sebagai makhluk sosioal yang melakukan aktifitas sosilogi yaitu suatu proses sosial dan komunikasi. Aspek ini merupakan aspek dominan dalam kehidupan manusia bersama orang lain. Aspek lainya adalah telematika dan realitas komunikasi, dan berbagai persoalan konvergensi yang di timbulkannya termasuk realitas maya yang dihasilkan oleh telematika sebagai sebuah ruang publik baru yang tampa batas dan memiliki masa depan yang cerah  bagi ruang kehidupan. Sebaliknya perkembangan telematika dan aspek-aspeknya serta pengaruhnya terhadap perkembangan mendia massa memberikan efek yang luar biasa kepada masyarakat. Efek media memiliki ruang pembahasan yang luas terhadap konsekuensi  pada proses-prses sosial itu sendiri.